Minggu, 05 Oktober 2014

Tugas Evaluasi

Selamat malam kawan. Mau ngeblog tugas nih. Semoga aja bener tugasku yang ini. Hehe..
Ceritanya disuruh mengevaluasi perbandingan antara MySQL dan Postgre. Pada saat praktikum kan pake DBMS Postgre tuh, tapi pas buat laporan pake DBMS MySQL. Makanya ada tugas evaluasi perbandingan antara keduanya. Menurut pendapat ane nih, untuk praktikum yang ketiga ini semua query baik punyanya Postgre atau MySQL sama aja. Setelah ane coba utak-utik terus yang MySQL, eh ternyata tetep aja bisa disamain querynya.

Jadi yauda, kesimpulan ane sih keduanya sama. Entah itu query dalam membuat tabel beserta cara merelasikan dua tabel atau lebih, query pada cara memasukkan nilai atau data pada kolom, query dalam menampilkan data pada tabel yang telah dibuat baik menggunakan kondisi (WHERE) atau tidak. Yang lainnya pun juga sama, seperti menghapus data pada kolom dengan atau tidak memakai kondisi (WHERE), memodifikasi atau mengubah data atau nilai yang telah dimasukkan pada tabel tertentu, serta query untuk mengurutkan data pada tabel dengan pengurutan yang bisa disesuaikan semau sendiri.

Kembali ke kesimpulan awal tadi. Jadi sebenarnya query dalam DBMS Postgre dan MySQL itu mempunyai banyak kemiripan. Secara mungkin karena keduanya merupakan bahasa pemrograman SQL itu ya. Hehe.. Hanya pada perintah-perintah khusus tertentu yang berbeda. Itupun perbedaannya juga sedikit, karena terkadang setiap query juga memiliki variasi tersendiri.

Untuk lebih jelasnya ada perbedaan atau kesamaan kah, kelebihan atau kekurangan kah nanti menyusul pada praktikum-praktikum selanjutnya. Disitu akan dibuktikan apakah ada perbedaan yang signifikan atau tidak. Adakah kelebihan dari masing-masing keduanya atau tidak.


Baiklah, mungkin hanya itulah yang bisa ane evaluasi. Untuk kelanjutannya, tunggu pada posting-postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat. Dan apabila ada salahnya mohon dimaafkan. Ditunggu juga saran dan kritiknya. Sekian, selamat malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar