Senin, 01 Desember 2014

Koneksi MySQL ke Java


Assalamu’alaikum Wr.Wb.


Selamat siang para bloggers. Minggu ini saya mencoba untuk membahas tentang cara mengkoneksikan database MySQL dengan Java. Dalam postingan ini software pemrograman Java yang saya pakai adalah NetBeans. Tanpa basa-basi lagi, oke langsung saja menuju ke TKP (Tempat Kejadian Pemrograman).. :D


Pertama-tama buat project baru terlebih dahulu. Kemudian setelah langkah tersebut jadi, membuat Jframe-nya atau tampilan tatap mukanya. Kalo saya membuatnya seperti ini.



Lanjut ke langkah berikutnya, import package java.sql. Ini digunakan untuk berinteraksi ke database server. Misalnya  kelas DriverManager, Connection, dan ResultSet.

Next, membuat code koneksinya.


Jangan lupa juga setelah melakukan langkah diatas untuk menambahkan Driver JDBC. JDBC sendiri adalah sebuah library yang berguna untuk berkomunikasi dengan database server. Cara untuk membuatnya yaitu.


1. Pada project yang dibuat tadi, cari list Library lalu klik kanan - add library.


2. Setelah itu pilih JDBC MySQL. Klik Add Library.



3. JDBC MySQL berhasil ditambahkan.


Oke, lanjut lagi ke code lagi untuk memfungsikan tombol-tombol yang telah dibuat tadi. Dimulai dari tombol cari. Kurang lebih seperti dibawah ini.


Next, menuju tombol simpan.

Lanjut lagi tombol Edit.



Masih lanjutnya tombol Hapus.


Dan yang terakhir secara berturut tombol reset dan tampil.

Baiklah, sekarang coba kita tes untuk melihat tombolnya berfungsi atau tidak. Run project tadi dengan menekan shift+F6. Untuk tombol cari berguna untuk mencari mahasiswa yang ada dalam database berdasarkan pencarian menggunakan NIM. Datanya akan ditampilkan pada teks area paling bawah.

Lakukan tes juga pada tombol simpannya. Jika berhasil, pada kotak pesan dialog akan menampilkan “Data telah tersimpan”.

Untuk tombol Edit dan Hapus kurang lebih sama seperti pada tombol Cari, yaitu pengeditan atau penghapusan juga berdasarkan NIM mahasiswa. Sedangkan tombol reset berguna untuk menghapus semua text field sehingga menjadi kosong kembali.



Kesimpulan

Setelah penjelasan-penjelasan diatas mengenai koneksi database ke java, dapat disimpulkan sedikit saja bahwa perbedaan antara Postgre dan MySQL hanya terletak pada JDBC Drivernya saja. Untuk source codenya kurang lebih sama semua.


Jadi seperti itulah pembahasan minggu ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya. Then, I think enough and thanks. See yaa.. :)



Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




Referensi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar