Minggu, 07 Desember 2014

Pembuatan Laporan dengan Menggunakan iReport



Assalamu’alaikum Wr.Wb.


Jumpa lagi nih sobat. Minggu ini pengen bahas tentang pembuatan laporan dengan iReport pada java NetBeans.


iReport merupakan sebuah plugin untuk java NetBeans yang berguna untuk menampilkan laporan terhadap data yang telah dibuat, biasanya digunakan bersamaan dengan database. Langkah yang pertama yaitu harus menginstal plugin iReport terlebih dahulu beserta plugin-plugin yang lain atau library yang bersangkutan. 

Setelah semuanya sudah siap, maka selanjutnya langsung menuju ke TKP. Sebagai catatan saya menggunakan project yang telah dibuat kemaren pada postingan koneksi MySQL dengan Java.
Tambahkan tombol baru pada form yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan laporan. Beri nama “CETAK” atau yang lainnya juga boleh.


Setelah itu, klik kanan pada package pilih new lalu klik pada other.


Akan muncul sebuah menu baru. Pada langkah ini, pilih kategori Report dan tipe file Report Wizard. Jika sudah klik next.

Beri nama pada laporan yang ingin dibuat. Klik next.

Selanjutnya klik new, maka jendela baru akan muncul pilih Database JDBC Connection. Klik Next.

Isikan form seperti berikut ini sesuaikan dengan nama database masing-masing. Pada field nama boleh diisi sembarang. Jika sudah terisi semua, test koneksinya untuk mengetahui apakah sudah berhasil terhubung dengan database atau belum. Apabila testnya sukses, lanjutkan klik save.

Isi kotak query  dengan nama tabel atau data apa saja yang nanti ingin ditampilkan pada laporan. Lanjut klik next.

Pilih semua kolom yang ada. Klik next.

Pada pilihan group 1, pilih group by nim_mah.

Pilih tabular layout. Dan ini merupakan langkah yang terakhir. Klik next, maka jendela baru akan mncul yang menyatakan Report berhasil dibuat. Lalu klik Finish.

Setelah semua langkah diatas selesai, pada NetBeans akan muncul laman desain iReport. Ubah title laporannya.

Oke, selanjutnya membuat source code untuk memanggil iReport agar nanti bisa ditampilkan. Jangan lupa pada library tambahkan library-library seperti berikut.

Kemudian import library tersebut dan buat variabel JasperReport, JasperPrint, dll. Lebih jelasnya seperti berikut ini.

Menambahkan code untuk tombol Cetak agar berfungsi. 
 
Yang terakhir, run project tersebut. Lalu klik tombol CETAK. Jika berhasil akan menampilkan jendela seperti berikut ini.



Kesimpulan

Seperti pada tugas-tugas laporan sebelumnya, hal terakhir yang perlu dilakukan yaitu membandingkan Postgre dan MySQL. Saya rasa untuk kali ini semuanya sama hanya koneksinya saja yang perlu diganti dari Postgre ke MySQL atau sebaliknya.
   
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar